Melanjutkan Bakti Bagi Negeri
Kunjungi Situs Resmi Partai Demokrat
Meluhurkan Kebudayaan Melalui Museum
Silakan simak pranala Asosiasi Museum Indonesia berikut.
Mewujudkan Politik yang Berbudaya
Tautan Menuju putusupadmarudana.com

VISI DAN MISI

DEPARTEMEN KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA

DEWAN PIMPINAN PUSAT PARTAI DEMOKRAT

MASA BAKTI 2010-2015

 

UMUM

Memenuhi amanah dan harapan Kongres II Partai Demokrat di Bandung, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata DPP Partai Demokrat masa bakti 2010-2015 menyusun rancangan struktur kelembagaan, berikut ruang lingkup, wewenang dan kewajibannya, serta acuan program yang berbasis pada Isu dan Agenda. Pada gilirannya, program-program itu akan diterjemahkan menjadi aksi-aksi yang terarah, terukur dan terpadu guna turut menciptakan Demokrat sebagai partai modern dengan sumber daya manusia yang unggul, santun, demokratis, pluralis, humanis, religius sekaligus nasionalis.

Mengingat bahwa Departemen Kebudayaan dan Pariwisata membawahi bidang-bidang yang terbilang strategis serta menyentuh berbagai lapisan masyarakat luas, maka disusunlah kelengkapan organisasi yang terdiri dari lima biro, antara lain: Biro Kebudayaan dan Pengembangan Nilai-Nilai Luhur Bangsa, Biro Pengkajian dan Pengembangan Pariwisata, Biro Pengkajian dan Pengembangan Kesenian, Biro Publikasi, Komunikasi, dan Multimedia, Biro Pengembangan Sumber Daya Kebudayaan dan Pariwisata.

Adapun pemilahan ini dilatarbelakangi oleh berbagai pertimbangan yang bersifat esensial dan kontekstual, termasuk di dalamnya adalah upaya mensinergikan dan mensinkronkan bidang-bidang yang terbukti terjalin dalam dimensi waktu berbeda, meski hakikatnya bermuara pada tujuan yang sama, yakni Pembangunan Karakter dan Pekerti Bangsa (Nation and Character Building) menuju terwujudnya masyarakat adil dan makmur sesuai pengharapan serta cita-cita para founding fathers.

Dimensi waktu tersebut adalah  Masa Lampau, terkait bidang sejarah, purbakala, permuseuman dan nilai-nilai luhur tradisi dan budaya lokal Nusantara beserta problematiknya; Masa Kini atau Kontekstual, mencakup aktivitas pariwisata dengan segala peluang dan tantangannya, seni-seni modern, kontemporer, serta penciptaan seni-seni baru berikut komunitas kreatifnya; dan  Masa Depan, perihal pembangunan karakter dan pekerti bangsa (nation and character building) melalui penyempurnaan tata kelola dan tata organisasi Demokrat sebagai partai yang modern, berbasiskan dukungan dari kader-kader partai yang konsisten pada komitmen, memiliki loyalitas, keuletan, moralitas dan militansi yang teruji, serta senantiasa menjunjung nilai-nilai kebersamaan dalam naungan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Dengan demikian, struktur kelembagaan tersebut diharapkan dapat bekerja secara efektif dan efisien, serta terkoordinasi secara fungsional tanpa terhalangi oleh tata kelola dan tata laksana administrasi yang terlampau birokratis. Pemilahan biro-biro tersebut, selain mengacu pada struktur umum Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Kabinet Indonesia Bersatu II, mengakomodasi pula apresiasi dan pengharapan kalangan pariwisata, budayawan, seniman, praktisi serta akademisi, yang selama ini mendambakan kinerja yang lebih baik dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.

KHUSUS

Mengingat bahwa panggilan kewajiban seluruh anggota dan keluarga besar Partai Demokrat adalah membangun citraan yang positif sebagai partai tengah yang modern, sesuai ruang lingkup, wewenang dan kewajiban Departemen Kebudayaan dan Pariwisata DPP Partai Demokrat masa bakti 2010-2015, disusunlah secara khusus program-program yang berlandaskan pada aksi konkrit guna menjawab problematik dan isu-isu terkini. Para pengurus diharapkan mampu tampil di ruang publik secara sigap, tanggap dan cerdas guna menawarkan solusi serta pemecahan masalah secara utuh dan menyeluruh, sehingga Partai Demokrat memperoleh simpati mendalam dari masyarakat luas. Sehubungan dengan upaya itu, patut direncanakan suatu program pelatihan dan pengkaderan di bidang kebudayaan dan pariwisata secara berkesinambungan. Adapun kajian serta evaluasi diadakan secara bertahap dan berkelanjutan.

Mempertimbangkan berbagai hal mendasar di atas, diperlukan suatu strategi publikasi dan komunikasi yang terarah, terukur dan terkendali, melalui berbagai media yang tepat guna dan tepat sasaran. Sedangkan ke dalam, diperlukan kerjasama dan sinergi menyeluruh antardepartemen dalam DPP Partai Demokrat terkait program-program dan aksi-aksi guna mewujudkan kemenangan Partai Demokrat pada Pemilu 2014 sesuai target yang dicanangkan.